Kamis, 18 September 2014

SEPAK BOLA

Induk organisasi = FIFA
Nama lain = Football, soccer, footy/footie, "the beautiful game", "the world game"
Pertama dimainkan = Pertengahan abad ke-19 di Inggris
Data lengkap
Olahraga kontak fisik = Ya
Jumlah pemain = 11 orang per tim
Pria/wanita = Ya, kompetisi terpisah
Kategori = Olahraga tim, Olahraga bola
Peralatan = Bola sepak
Tempat bertanding = Lapangan sepak bola
Dipertandingkan di Olimpiade = 190
  •  Pengertian Sepakbola   

           Sepakbola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim beranggota 11 pemain inti dan beberapa pemin cadangan.Memasuki abad ke-21, olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara, yang menjadikannya olahraga paling populer di dunia. Sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan menggunakan bola ke gawang lawan. Sepak bola dimainkan dalam lapangan yang berbentuk persegi panjang, di atas rumput atau rumput sintetis.
          Penjaga gawang adalah satu-satunya pemain yang boleh menyentuh bola dengan tangan atau lengan di dalam daerah gawangnya, sedangkan 10 pemain lainya tidak boleh menyentuh bola dengan tangan tetapi boleh menggunkan seluruh tubuhnya kecuali tangan dan biasanya dengan kaki untuk menendang, dada untuk mengontrol, dan kepala untuk menyundul bola. Tim yang mencetak gol paling banyak pada akhir pertandingan adalah pemenangnya. Jika hingga waktu berakhir masih berakhir imbang, maka dapat dilakukan undian, perpanjangan waktu maupun adu penalti, tergantung dari format penyelenggaraan kejuaraan.
  •  Sejarah Sepakbola

            Sejarah olahraga sepak bola dimulai sejak abad ke-2 dan -3 sebelum Masehi di Cina. Di masa Dinasti Han tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil. Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari. Di Italia, permainan menendang dan membawa bola juga digemari terutama mulai abad ke-16.
             Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dan menjadi sangat digemari. Di beberapa kompetisi, permainan ini menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan sehingga akhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365. Raja James I dari Skotlandia juga mendukung larangan untuk memainkan sepak bola. Pada tahun 1815, sebuah perkembangan besar menyebabkan sepak bola menjadi terkenal di lingkungan universitas dan sekolah.Kelahiran sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul dan merumuskan aturan baku untuk permainan tersebut.Bersamaan dengan itu, terjadi pemisahan yang jelas antara olahraga rugby dengan sepak bola (soccer).Pada tahun 1869, membawa bola dengan tangan mulai dilarang dalam sepak bola. Selama tahun 1800-an, olahraga tersebut dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia.Pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) dibentuk dan pada awal tahun 1900-an, berbagai kompetisi dimainkan diberbagai negara.
     
  • Posisi Pemain  


    1.      Penjaga Gawang (Goal Keeper)
        Penjaga Gawang adalah seorang pemain bertahan paling akhir yang bertugas untuk menjaga gawang dengan menggunakan seluruh tubuhnya tak terkecuali tangan.   
    2.      Bek (Center Back)
        Bek bertugas sebagai pertahanan di depan penjaga gawang , posisi ini bisa diisi oleh satu sampai tiga orang tergantung formasi yang di terapkan oleh pelaitih.
    3.      Wing Back (Bek Sayap)
         Posisi ini biasanya bertugas untuk membantu pertahanan dan juga beberapa kali membantu penyerangan dari sector sayap.
    4.      Defensive Midfielder (Gelandang Bertahan)
         Gelandang bertahan adalah  pemain yang bertugas untuk mengatur keseimbangan antara bertahan juga menyerang.
    5.      Central Midfielder (Gelandang tengah)
         Posisi adalah posisi inti yang mengatur berjalanya pertandingan  suatu tim ,jika posisi ini di isi oleh pemain yang cukup memumpuni maka jalanya pertandingan suatu tim bisa menjadi lebih bagus karena dapat mengatur alur pertandingan dengan baik dan biasanya diisi oleh satu pemain sampai tiga pemain.
    6.      Attacking  Midfielder (Gelandang Serang)
         Gelandang Serang adalah pemain yang bertugas untuk membantu penyerangan dengan memberi umpan-umpan kepada striker atau pemain sayap.
    7.      Winger (Pemain Sayap)
          Pemain ini berugas untuk membantu penyerangan dari sector  kanan atau kiri.
    8.      Striker (Penyerang)
          Penyerag adalah pemain ujung depan secara umum pemain ini bertugas untuk memesukan bola ke gawang lawan.


1 komentar: